Loading
Teknik Tendangan Dalam Pencak Silat, Lengkap Dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Teknik Tendangan Dalam Pencak Silat, Lengkap Dengan Kelebihan dan Kekurangannya

PENCAKSILAT.TV – Teknik Tendangan Dalam Pencak Silat, Lengkap Dengan Kelebihan dan Kekurangannya. Pada olahraga pencak silat teknik tendangan sama pentingnya dengan teknik pukulan, akan tetapi tendangan mempunyai kekuatan yang lebih besar dibanding dengan kekuatan pukulan.

Pada saat menendang keseimbangan yang baik sangat diutamakan, bukan hanya berat badan ynag bertumpu pada satu kaki saja tetapi juga disebabkan akibat guncangan tenaga balik pada saat benturan.

Kaki memiliki jangkauan panjang yang tidak terjangkau oleh tangan. Penggunaan teknik tendangan harus disertai dengan koordinasi yang baik antara sikap kaki, sikap tangan, dan sikap badan.

jenis tendangan yang sering dilakukan dalam pertandingan pencak silat kategori tanding terdiri dari: Tendangan depan, Tendangan sabit, dan Tendangan samping atau tendangan T.

Tendangan depan yaitu tendangan yang perkenaan terletak pada telapak, ujung telapak, dan tumit kaki. Tendangan ini diawali dengan mengangkat lutut ke depan terlebih dahulu ke arah depan dan meluruskan ke arah depan.

Tendangan jenis ini sangat cocok digunakan untuk pertarungan jarak jauh, dan bagi pesilat yang memiliki tungkai yang panjang sangat efektif digunakan karena jangkauannya pasti lebih panjang. Kelemahan dari tendangan ini adalah jika gerak balikan tidak cepat maka sangat mudah tendangan tersebut untuk ditangkap.

Tendangan (T) atau yang bisa disebut juga dengan tendangan samping karena arah gerakan tendangan ke arah samping. Terdapat berbagai macam variasi tendangan samping ini. Semua variasi hususnya untuk permainan dalam pertandingan pada awalan boleh berbeda tetapi bentuk akhirnya sama yaitu seperti huruf T.

Pada dasarnya tendangan samping memakai tumit sebagai alat serang atau menggunakan sisi luar telapak kaki atau ada yang menyebut sebagai pisau kaki. Tendangan Samping mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan

Beberapa kelebihan tendangan T antara lain; Pertama, jangkauan lebih panjang. Kedua, jarak kepala dengan lawan lebih jauh, maka lebih aman. Ketiga, eksplorasi tenaga bisa maksimum.

Untuk kelemahannya antara lain; sulit digunakan untuk pertarungan jarak pendek, lebih mudah dijatuhkan baik dengan permainan bawah maupun dengan tangkapan. Semakin rebah sikap badan semakin mudah dijatuhkan dengan tangkapan, dan kurang menghadap lawan sehingga bisa kehilangan pandangan

Tendangan sabit / busur, seperti namanya tendangan busur adalah tendangan berbentuk busur dengan menggunakan punggung kaki. Pelaksanaan tendangan ini adalah sama dengan prinsip tendangan depan namun lintasanya berbentuk busur dengan tumpuan satu kaki dan perkenaan pada punggung kaki. Itulah tadi Teknik Tendangan Dalam Pencak Silat, Lengkap Dengan Kelebihan dan Kekurangannya (*)

Top