Loading
Kejurnas Perisai Diri Antar Perti XXVII Tahun 2023 Sukses Terlaksana, UNPAD Keluar Sebagai Juara Umum

Kejurnas Perisai Diri Antar Perti XXVII Tahun 2023 Sukses Terlaksana, UNPAD Keluar Sebagai Juara Umum

Kejurnas Perisai Diri Antar Perti XXVII Tahun 2023 Sukses Terlaksana, UNPAD Keluar Sebagai Juara Umum

PAGARNUSA.TV – Kejuaraan Nasional XXVII Tahun 2023 Silat Perisai Diri Antar Perguruan Tinggi berjalan dengan sukses. Pertandingan dua tahunan itu berlangsung di GOR Padjajaran, Bandung Jawa Barat (2-6/08/2023).

Tema kegiatan yang diusung pada tahun ini adalah “Menciptakan Mahasiswa yang berdaya saing dan berkarakter melalui kolaborasi dalam kejuaraan Silat Perisai Diri”.

Kejuaraan Nasional Silat Perisai Diri Antar Perguruan Tinggi memperebutkan Piala Presiden RI itu merupakan salah satu kejuaraan yang tertuang dalam AD/ART Kelastnas Indonesia Perisai Diri yang sangat prestisius. Kejurnas tersebut merupakan event dua tahun sekali.

“Sebenarnya rutinan untuk dua tahun sekali, dan kebetulan kita baru mulai lagi semenjak covid, saat covid ditiadakan. Harusnya ini agenda 2020 dan penyelenggaranya di bandung juga, tapi karena 2020 masih covid beum ada izin dilempar di kampus kami dan tahun ini bisa terselenggaranya,” ungkap Haifa Nabila, Ketua Pelaksana Kejuaraan Nasional XXVII Tahun 2023 Silat Perisai Diri Antar Perguruan Tinggi.

Sebagai penanggung jawab acara Kejurnas tersebut adalah UKM Perisai Diri Internasional Women University Bandung. Dalam pelaksanaan tahun 2023 diikuti 293 atlet dari 61 kontingen.

“Untuk keseluruhan ada 293 atlet dari 61 kontingen dari Perguruan Tinggi, adapun medali yang diperebutkan ada 200 medali untuk semua kategori,” lanjut Haifa.

Ada dua kategori versi yang diperlombakan dalam Kejurnas Silat Perisai Diri Antar Perguruan Tinggi. Yakni kategori versi IPSI dengan kategori versi Perisai Diri.

“Pada Kategori versi IPSI ada kategori mulai dari berat badan dari under A dibawah 40 Kg sampai dengan kelas bebas, lalu ada juga tunggal baku. Lalu untuk versi Perisai Diri ada serang hindar, nah itu juga dibagi dua ada serang hindar kelas A, kelas B, karena sesuai dengan tingkatan, lalu ada solo kreatif, ada juga berpasangan, ada juga yang beregu, ada yang tangan kosong dan ada juga yang bersenjata,” jelas wanita yang juga Atlet Perisai Diri itu.

Adapun keluar sebagai juara umum dalam Kejuaraan Nasional XXVII Tahun 2023 Silat Perisai Diri Antar Perguruan Tinggi, sebagai berikut:

  1. Universitas Padjajaran dengan perolehan medali Emas 5, Perak 3 dan Perunggu 3
  2. Perisai Diri UNESA dengan perolehan medali Emas 3 dan  Perak 9.
  3. Universitas Pendidikan Indonesia dengan perolehan medali Emas 3, Perak 2, dan Perunggu 6.
  4. POLTEKIP dengan perolehan medali Emas 3, dan Perunggu 1.
  5. Universitas Pattimura dengan perolehan medali Emas 3.
  6. Universitas Diponegoro dengan perolehan medali Emas 2, Perak 1, dan Perunggu 2.
  7. Universitas Brawijaya dengan perolehan medali Emas 2 dan Perunggu 1.
  8. Universitas Nias (UNIAS) dengan perolehan medali Emas 2.
  9. Internasional Women University dengan perolehan medali Emas 1, Perak 3 dan Perunggu 4.
  10. Universitas Udayana dengan perolehan medali Emas 1, Perak 3, dan Perunggu 4.

Itulah tadi berita tentang Kejurnas Perisai Diri Antar Perti XXVII Tahun 2023 Sukses Terlaksana, UNPAD Keluar Sebagai Juara Umum. ALS (*)

Top