Loading
Kejuaraan Pencak Silat Porptov Jatim 2023 Diikuti 37 Kontingen

Kejuaraan Pencak Silat Porptov Jatim 2023 Diikuti 37 Kontingen

PENCAKSILAT.TV – Kejuaraan Pencak Silat di Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) VIII tahun 2023 diikuti oleh 37 kontingen dari seluruh kabupaten dan kota di wilayah Jawa Timur. Kompetisi tersebut bertempat di Auditorium Universitas Darul Ulum Kabupaten Jombang dan dimulai pada Senin (21/08/2023)

Wigatiningsih, Ketua Tim Delegasi (TD) untuk cabang olahraga Pencak Silat, menyatakan bahwa kejuaraan pencak silat Porprov Jatim VIII akan berlangsung selama 5 hari ke depan, mulai dari Senin hingga Jumat, tanggal 21-25 Agustus 2023.

“Hari pertama pertandingan akan diikuti sebanyak 37 kontingen dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Timur ikut serta. Hanya satu kontingen dari Kabupaten Pacitan yang tidak hadir, sejalan dengan kesepakatan pada Pertemuan Teknis (Technical Meeting) yang diadakan kemarin bersama peserta, dewan juri, wasit, dan pihak keamanan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Wigatiningsih menjelaskan bahwa pertandingan akan dibagi menjadi 10 kelas tanding untuk putra, 6 kelas untuk putri, dan 3 kelas seni, termasuk kelas beregu untuk putra dan putri, serta kelas seni tunggal untuk putra dan putri.

“Total terdapat 399 atlet yang akan bertanding di lokasi ini, dengan tiga area pertandingan aktif: satu untuk pertandingan seni dan dua untuk pertandingan tanding,” jelasnya.

Wigatiningsih menambahkan bahwa pertandingan akan dibagi menjadi sesi pagi dan sesi sore. Semua atlet dari 37 kontingen akan berpartisipasi dalam babak penyisihan terlebih dahulu.

“Dalam rentang waktu 5 hari ke depan, pertandingan akan melalui fase penyisihan pada hari pertama, diikuti oleh babak 16 besar dan perempat final pada hari-hari berikutnya, diikuti oleh babak semifinal, dan akhirnya mencapai hari kelima dengan pertandingan final. Namun, jadwal tersebut masih bisa berubah, mengingat bahwa setiap kontingen akan bertanding sesuai dengan kelasnya masing-masing,” tambahnya.

Wigatiningsih menjelaskan dengan lebih rinci bahwa dalam kategori pertandingan tanding untuk cabang silat putra, terdapat kelas A hingga J, sementara untuk kategori putri hanya terdapat kelas A hingga F. Selain itu, dia juga menjelaskan bahwa kategori seni, baik putra maupun putri, terdiri dari 3 nomor, yaitu seni tunggal, seni ganda, dan seni beregu.

“Para atlet ini akan bersaing untuk meraih total 22 medali emas, 22 medali perak, dan 38 medali perunggu, bersama dengan medali lain yang telah disiapkan,” tutupnya. ALS(*)

Top