Loading

Berikut Jenis Tendangan dalam Pencak Silat

PENCAK SILAT.TV- Berikut Jenis Tendangan dalam Pencak Silat, Perlu Kamu Tahu!.Pencak silat merupakan warisan budaya yang mengandung unsur olahraga, bela diri, dan kebatina. Pencak silat bertujuan untuk melatih kekuatan tubuh, melatih kekuatan mental, dan membela diri.

Dalam pelatihan pencak silat, seorang pesilat wajib mengetahui teknik gerakan yang digunakan dalam latihan ataupun pertandingan.

Hal ini dikarenakan teknik gerakan merupakan sikap awal atau dasar dalam pencak silat yang menjadikan kaki sebagai dasar tumpuan untuk melakukan sikap dan gerakan bela serang.

Terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh pesilat salah satunya adalah tendangan.

Menurut Johansyah Lubis dan Hendro Wardoyo dalam bukunya yang berjudul ‘Pencak  Silat’ tendangan merupakan pergerakan dasar yang dilakukan untuk menyerang atau melakukan pembelaan dengan menggunakan kaki.

Berikut jenis tendangan dalam pencak silat yang harus kamu kuasai sebelum mengikuti pertandingan.

  1. Tendangan Lurus

serangan yang menggunakan sebelah kaki dan tungkai, lintasannya ke arah depan dengan posisi badan menghadap ke depan, dengan kenaannya pangkal jari-jari kaki bagian dalam, dengan sasaran ulu hati dan dagu.

  1. Tendangan Tusuk

Tendangan tusuk, serangan yang menggunakan sebelah kaki dan tungkai, lintasannya ke arah depan dengan posisi badan menghadap ke depan, dengan kenaannya ujung jari-jari kaki, dengan sasaran kemaluan dan ulu hati.

  1. Tendangan Kepret

Tendangan kepret, serangan yang menggunakan sebelah kaki dan tungkai, lintasannya ke arah depan dengan posisi badan menghadap ke depan, dengan kenaannya punggung kaki, dengan sasaran kemaluan.

  1. Tendangan Jejag

Tendanga Jejag merupakan serangan menggunakan sebelah kaki dan tungkai dan  lintasan ke arah depan dengan posisi badan menghadap ke arah dengan kenaannya telapak kaki penuh yang sifatnya mendorong dengan sasaran dada.

  1. Tendangan Gajul

Serangan yang menggunakan sebelah kaki dan tungkai, lintasannya ke arah depan dengan posisi badan menghadap ke depan, dengan kenaannya tumit dari arah bawah ke atas, dengan sasaran dagu dan ulu hati.

  1. Tendangan T

Serangan yang menggunakan sebelah kaki dan tungkai, lintasannya lurus ke depan dan kenaannya pada tumit, telapak kaki dan sisi luar telapak kaki, posisi lurus, biasanya digunakan untuk serangan samping, dengan sasaran seluruh bagian tubuh.

  1. Tendangan Celorong

Tendangan celorong adalah tendangan  T dengan posisi merebahkan badan dengan sasaran lutut dan kemaluan.

  1. Tendangan Belakang

Tendangan dengan menggunakan sebelah kaki dan tungkai dengan lintasan lurus ke belakang tubuh (membelakangi lawan), dengan sasaran seluruh bagian tubuh.

  1. Tendangan Kuda

Tendanga kuda merupakan tendangan dengan dua kaki menutup atau membuka, lintasannya lurus ke belakang tubuh, dengan sasaran seluruh bagian tubuh.

  1. Tendangan Taji

tendangan dengan dua kaki menutup atau membuka, lintasannya lurus ke belakang tubuh, dengan sasaran seluruh bagian tubuh.

  1. Tendangan Sabit

Tendangan yang lintasannya setengah lingkaran ke dalam, dengan sasaran seluruh bagian tubuh, dengan punggung telapak kaki atau jari telapak kaki.

  1. Tendangan Baling

Merupakan tendangan dengan melingkar ke arah luar, kenaanya lumit luar dan posisi tubuh berputar, dengan sasaran seluruh bagian tubuh.

  1. Hentakan Bawah

Serangan yang menggunakan telapak kaki menghadap ke luar, yang dilaksanakan dengan posisi badan direbahkan, bertujuan untuk mematahkan persendian kaki.

  1. Gejig

Serangan yang menggunakan sebelah kaki dan tungkai, lintasan-nya lurus ke samping ke arah persendian kaki/dengkul, dengan tujuan mematahkan.

Itulah macam-macam tendangan dalam pencak silat yang harus dikuasai oleh seorang pesilat sebelum melakukan pertandingan. MAR(*)

Top