Loading
1.158 Pesilat Ikuti Kejuaraan IPSI Bali Championship 2023

1.158 Pesilat Ikuti Kejuaraan IPSI Bali Championship 2023

1.158 Pesilat Ikuti Kejuaraan IPSI Bali Championship 2023

PENCAKSILAT.TV – Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa, yang juga menjadi Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Bali, secara resmi membuka IPSI Bali Championship 2023. Acara ini berlangsung pada Jumat, 25 Agustus 2023, di GOR Lila Bhuana, Denpasar, Bali.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk perwakilan dari Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali I Gusti Ngurah Oka Darmawan, Ketua IPSI dari berbagai kabupaten dan kota di Bali, serta pengurus IPSI Bali lainnya. Para dewan juri, wasit, dan atlet pencak silat juga turut hadir dalam kesempatan ini.

Dalam sambutannya, Ketua IPSI Bali, Ketut Suiasa, menyatakan rasa terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh para orang tua dan masyarakat dalam melestarikan nilai budaya Nusantara melalui olahraga dan seni pencak silat, khususnya di Bali. Ia menyampaikan apresiasi kepada semua yang telah berkontribusi untuk suksesnya penyelenggaraan IPSI Bali Championship 2023.

Ketua IPSI Bali juga mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan ini bukan hanya tentang meraih prestasi semata, tetapi lebih pada upaya membentuk karakter generasi muda dengan disiplin, persatuan, dan mental yang baik melalui olahraga dan seni pencak silat. Ia menjelaskan bahwa pencak silat di sini tidak hanya menjadi wadah untuk berolahraga dan berkesenian, tetapi juga menjadi bagian dari upaya memperkuat bangsa dan negara

“Tentu tekad niat dan tujuan kita melaksanakan kegiatan ini bukanlah semata-mata kita ingin mencetak sebuah prestasi akan tetapi jauh dari pada itu. Niat kita adalah melalui olahraga dan seni pencak silat ini kita ingin mewujudkan anak-anak bangsa, para generasi muda kita di masa depan yang memiliki karakter yang kuat serta memiliki tumbuh kembang jiwa rasa persatuan dan memiliki disiplin mentalitas yang baik. Sehingga pencak silat ini tidak hanya sebagai sebuah organisasi yang bergerak dalam hal olahraga dan seni budaya saja tetapi juga adalah suatu organisasi yang memberikan kontribusi dalam penguatan kita untuk bangsa dan negara,” katanya.

Lebih lanjut ia berharap Pencak Silat ini dapat ditanamkan pada anak-anak sejak dini.

“Ini harus kita tanamkan untuk anak-anak sejak dini, dan mudah-mudahan kegiatan ini yang merupakan kegiatan untuk pertama kalinya diselenggarakan di Bali dan ke depan bisa dilanjutkan dengan penuh dedikasi, penuh tanggung jawab dan penuh kebersamaan,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Panitia, Ketut Widiana Karya, menjelaskan bahwa pencak silat merupakan bagian dari warisan budaya bangsa yang memiliki nilai-nilai pembelajaran yang penting untuk membentuk generasi penerus yang sehat baik secara fisik maupun rohani.

“Tujuan dari acara ini adalah untuk dapat melestarikan dan menanamkan kepada anak-anak tentang kecintaan terhadap olahraga bela diri asli Indonesia,” jelasnya.

Ada beberapa kategori yang dipertandingkan diantaranya laga atau tanding, seni tunggal dan seni solo kreatif dan seni beregu jurus. Jumlah peserta yang mengikuti IPSI Bali Championship 2023 sebanyak 673 atlet putra dan 485 atlet putri serta berasal dari berbagai daerah termasuk dari luar Bali. Acara ini juga mendapatkan dukungan dari banyak sponsorship,” pungkasnya. ALS (*)

Top