Loading

Mengenal Pola Langkah dalam Pencak Silat

 

PENCAK SILAT.TV- Mengenal Pola Langkah dalam Gerakan Pencak Silat. Pencak silat merupakan olahraga seni bela diri yang mempunyai banyak gerakan yang harus dikuasai oleh pesilat.

Dalam latihan pencak silat terdapat teknik-teknik yang harus diperhatikan dan dilakukan dengan baik agar tidak terjadi cidera.

Teknik dasar menjadi gerakan pertama pertama yang harus dikuaisai oleh setiap pesilata atau petarung.

Terdapat banyak gerakan dalam melakukan teknik dasar salah satunya adalah pola Langkah.

Ada 6 pola langkah yang perlu untuk dilatih hingga eksekusinya menjadi sempurna, terutama saat pertandingan.

  1. Pola Langkah Lurus.

Dalam pencak silat, teknik ini adalah ketika petarung melakukan gerak langkah menciptakan garis lurus. Ketika membentuk garis lurus, hal ini bisa dilakukan saat melangkah maju maupun mundur.

Petarung bisa memulai gerakan ini dari salah satu teknik kuda-kuda yang sudah dibahas sebelumnya, terutama dari kuda-kuda tengah.

  1. Pola Langkah Zig-zag.

Dalam pencak silat, gerakan ini adalah ketika petarung melakukan gerakan yang menciptakan mata gergaji alias zig-zag itu tadi.

Dalam praktiknya, petarung bisa memulainya dari sikap pasang lebih dulu di mana pola langkah yang dibentuk kemudian adalah menyerong.

  1. Pola Langkah Huruf S.

Pada pola ini bisa dilakukan oleh petarung dengan berdiri yaitu posisi titik mengarah sesuai dengan arah yang ditunjukkan. Kaki kanan geser ke arah berat badan yang sedang bertumpu pada kaki kanan yang kemudian dilanjutkan atau disusul dengan kaki kiri.

Gerakan ini pada dasarnya menggabungkan 3 teknik kuda-kuda yang menciptakan huruf S. Penggunaan kombinasi kuda-kuda di sini antara lain adalah kuda-kuda samping, belakang dan tengah.

  1. Pola Langkah Huruf U

Dalam pencak silat, gerakan ini dimulai dengan sikap tubuh awal tegak dan menggerakkan kaki ke sisi kanan yang disusul dengan kaki kiri merapat sebelum kaki kiri maju. Tarik kembali kaki dan menutup yang lalu digerakkan ke sisi kiri dan tarik kaki kanan untuk menutup sebelum dilangkahkan ke arah depan. Untuk langkah terakhir, tarik kaki kanan lagi untuk merapat dan membentuk sikap awal.

  1. Pola Langkah Segi Tiga

Pada pola ini, petarung bergerak membentuk bidang segitiga. Biasanya, teknik ini dilaksanakan dengan memanfaatkan 2 teknik kuda-kuda, yakni kuda-kuda depan dan tengah.

  1. Pola Langkah Segi Empat

Dalam pencak silat, ini dilakukan saat petarung bergerak dengan memanfaatkan gabungan kuda-kuda depan dan tengah, mirip dengan langkah segitiga, hanya saja harus dilakukan dengan cara siap kuda-kuda depan lebih dulu. Setelah itu, lakukan gerakan maju menggunakan kuda-kuda tengah dan barulah bisa terbentuk pola langkah segi empat yang dimaksud.

Itulah 6 gerakan yang harus dikuasai oleh seorang pesilat sebelum bertarung atau mengikuti pertandingan. Dikutip dari  Kemdikbud Buku Modul Pembelajaran Olah Raga SMP. MAR (*)

Top