Loading
Ponpes Shohibul Muslimin Gelar Festival Pencak Silat Nasional Bertajuk Shobibul Muslimin Cup 2

Ponpes Shohibul Muslimin Gelar Festival Pencak Silat Nasional Bertajuk Shobibul Muslimin Cup 2

PENCAKSILAT.TV – Pondok Pesantren Shohibul Muslimin Gelar Festival Pencak Silat Shohibul Muslimin Cup 2. Acara tersebut merupakan hasil kerjasama dengan IPSI Provinsi Banten, Yayasan Abah Aleh Panglipur, dan Paguron Cakra Sejati Panglipur.

Festival Pencak Silat tersebut dilaksanakan di Pondok Pesantren Shohibul Muslimin, Kecamatan Tunjung Teja, Kabupaten Serang, Provinsi Banten yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 25 -27 agustus 2023.

Latar belakang festival tersebut tak lain karena Pencak silat merupakan warisan budaya leluhur bangsa Indonesia. Cabang olahraga bela diri ini sebagai identitas bangsa Indonesia.

Hal tersebut selaras dengan tema yang diangkat dalam Festival Nasional Pencak Silat Shohibul Muslimin Open Cup 2 yakni bertema “Melestarikan Seni Pencak Silat Sebagai Warisan Budaya Bangsa Indonesia”

Acara Festival Nasional dapat terlaksana dengan baik dan sukses. Pondok Pesantren Shohibul Muslimin sebagai penyelenggara acara Festival Nasional Pencak Silat memberikan ruang kesempatan untuk semua paguron se-nasional untuk ikut serta menjadi peserta dengan mendelegasikan atlet silatnya.

Adapun kategori yang dipertandingkan dalam festival Pencak Silat tersebut yaitu Khas Paguron Kategori Perorangan Usia Dini, Pra Remaja dan Remaja Putra dan Putri, Kategori Berpasangan Pra Remaja dan Remaja Putra dan Putri dan Kategori Berkelompok Usia Dini, Pra Remaja dan Remaja.

Acara Festival Nasional Pencak Silat Shohibul Nuslimin pun mendapat dukungan dari Ketua Umum PB.IPSI Pusat dalam hal ini Letjen (Purn) H. Prabowo Subianto yang mendukung dan support acara Festival nasional ini dengan memberikan rekomendasi tentang penyelenggaraan Festival dengan berpesan kepada semua peserta agar tetap menjaga sportivitas dan menjaga ketertiban selama penyelenggaraan berlangsung.

Sementara itu Pimpinan Pondok Pesantren Shohibul Muslimin KH. Thairman Elon mengatakan, dirinya memiliki visi dan misi untuk tetap terus melestarikan seni dan budaya pencak silat di Provinsi Banten.

“Dalam menjaga tradisi budaya ini saya berharap semua paguron tetap sportif dan selalu menjaga budaya Indonesia dengan baik,” ujar KH. Thairman.

Senada dengan Pengasuh PonPes Shobibul Muslimin, Ketua IPSI Provinsi Banten H. Ajat Sudrajat, berpesan, “menjaga budaya pencak silat sama dengan menjaga marwah bangsa,” tutur Ajat.

Di dalam Festival Nasional Pencak Silat Shohibul Nuslimin Cup 2 ini juga ada beberapa penghargaan yang didapatkan oleh juara Festival Nasional Pencak Silat yaitu Juara Umum 1, 2, dan 3, Juara Harapan 1, 2, dan 3, Juara Favorit, Medali emas, perak, dan perunggu, Uang pembinaan, serta semua peserta mendapatkan sertifikat sebagai para peserta.

Di malam puncak acara penutupan Festival Nasional Pencak Silat Shohibul Muslimin Open Cup 2, selain penyerahan hadiah kepada para paguron yang menjadi juara, acara malam pun diisi pagelaran seni budaya seperti tarian khas banten dari Nirmala Purbasari, Kaul 35 Kasepuhan Pendekar Banten dan dari luar Banten, serta tampilan para juara pencak silat berkelompok pra remaja dan remaja, seperti Paguron Manderaga dan Paguron Panglipur Rajawali Emas.

Acara penutupan Festival Nasional Pencak Silat dihadiri oleh Kodim 0602 Serang, Danramil Petir, Kapolres Serang, Kapolsek, Jenderal Wage Mulyono, Tim G8 Centre, Grup 1 Kopasus Banten, Camat Tunjung Teja, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, dan seluruh paguron se-nasional. ALS (*)

Top