Loading

Mengenal Sistem Pertandingan Pencak Silat

PENCAK SILAT.TV – Mengenal Sistem Pertandingan Pencak Silat oleh IPSI. Pencak silat merupakan seni bela diri warisan budaya yang telah mendunia dan banyak diminati tidak hanya warga Indonesia saja.

Pencak silat termasuk salah satu cabang olahraga yang ikut andil dalam pertandingan baik tingkat nasional maupun internasional.

Seorang atlet pencak silat harus menaati peraturan dan sistem yang telah ditentukan oleh IPSI selama pertandingan berlangsung.

Jika hal tersebut tidak diperhatikan maka akan berdampak pada skor atau nilai yang didapatkan oleh atlet tersebut.

Dalam pertandingan pencak silat terdapat beberapa ketentuan  yang wajib diketahui oleh seorang pesilat yang telah disahkan oleh IPSI, salah satunya ketentuan sistem pertandingan.

Berikut ini beberpa ketentuan sistem pertandingan yang harus kamu ketahui sebelum terjun di lapangan.

1. Katagori tanding pencak silat

Dalam katagori tanding yang mana dilakukan oleh dua pesilat yang saling beradu skilldan kemampuan terbaik yang telah dikuasai dalam pelatihan di masing-masing aliran silat yang diikuti diantaranya: Kemahiran dalam menyerang ( tendangan dan pukulan), bertahan ( elakan menghindar dan tangkisan), menjatuhkan ( teknik membanting ), dan mengunci.

2. Sistem waktu

Lamanya waktu pertandingan dalam katagori tanding seorang pesilat wajib memahami konsep lamanya sebuah pertandingan di jalankan agar dapat mengatur strategi dan taktik untuk meraih hasil yang terbaik dan maximal setelahnya.

Pertandingan dilakukan selama 3 babak dengan ketentuan setiap babak dijalankan pertandingan selama 2 menit dan istirahat per/babak 1 menit.

3. Sistem ketentuan dalam petandingan

• Dalam melakukan serangan, diawali dengan pasang persiapan dengan ketentuan serangan pertama yang dilakukan seorang pesilat ditentukan melalui intruksi dari wasit yang memimpin.

• Melakukan serangan beruntun dengan teknik yang teratur sebanyak hanya 4 kali kombinasi serangan

• Mengenai  dan membuat serangan dengan sasaran tepat dan terarah sesuai dengan ketentuan pertandingan.

Itulah beberapa ketentuan sistem pertandingan dalam pencak silat  yang perlu diketahui oleh pesilat. Dikutip dari Modul Pencak silat untuk SMP Kemdikbud. MAR (*)

Top