Loading

Gerakan Dasar dalam Pelatihan Pencak Silat

PENCAK SILAT.TV- Gerakan Dasar dalam Pelatihan Pencak Silat. Pencak silat merupakan seni bela diri warisan leluhur sebagai budaya bangsa Indonesia yang harus dilestarikan.

Selain itu juga disebut sebagai permainan dalam mempertahankan diri dengan kepandaian menangkis, menyerang dan membela diri dengan atau tanpa senjata.

Dalam melakukan penyerangan atau pembelaaan diri dibutuhkan ketrampilan gerakan dasar yang harus pelajari dan dikuasai oleh seorang pesilat.

Berikut ini beberapa gerakan dasar yang harus dikuasai.

1. Arah

Dalam gerakan ini dibutuhkan pemahaman terkait delapan penjuru mata angin yaitu meliputi arah belakang, serong kiri belakang, samping kiri, serong kiri depan, depan, serong kanan depan, samping kanan, dan serong kanan belakang.

2. Cara Melangkah

Gerakan yang dilakukan untuk memindahkan injakan kaki dengan berbagai cara diantaranya yaitu angkatan yang meliputi angakatan tinggi, angkatan tinggi adalah salah satu kaki diangkat pada tempat tertentu yang sesuai dengan tujuan dan arah.

Sedangkan angakata rendah dilakukan dengan salah satu kaki diangkat biasa dengan paha bersudut ± 30 derajat, kemudian kaki yang diangkat tersebut diletakkan pada tempat tertentu yang sesuai dengan tujuan dan arah.

Geseran gerakan yang dilakukan salah satu kaki digeser namun ujung kaki (tumit) menyentuh lantai, kemudian kaki yang digeser tersebut diletakkan pada tempat tertentu yang sesuai dengan tujuan dan arah.

Putaran, kaki (kanan) diangkat kemudian memutar keluar dan kaki pada sebelah kiri yang berada dibelakang menjinjit. Lompatan dilakukan dengan Satu kaki bertolak, disusun oleh kaki lainnya. Kaki yang satu mendarat/diletakkan di tempat yang sesuai dan kedua kaki mendarat bersama-sama dengan tumpuan satu kaki dan mendarat satu persatu.

Selanjutnya Loncatan yaitu Tumpuan pada kedua kaki saat bertolak dan mendarat dengan kedua kaki secara bersamaan. Kedua kaki mendarat/diletakkan bersama ditempat yang sesuai dengan arah tujuan.

Terakhir adala ingsutan dilakukan dengan cara menggeser telapak tangan dari lantai menggunakan tumit (tidak diangkat).Telapak kaki keluar dan dalam atau dengan gerakan tumit (telapak kaki sejajar/searah, dan kedua lutut di bengkokkan.

3. Langkah dan posisi

Langkah adalah perbuatan injakan kaki dari satu tempat ke tempat lain yang dilakukan dengan posisi segaris, tegak lurus dan serong dengan diperhitungkan terhadap posisi lawan sehingga setiap langkah mempunyai arti dan isi.

4. Bentuk/pola langkah

Pengembangan langkah yang berangkai dengan tujuan tertentu merupakan bentuk/pola langkah. Pola langkah dalam pencak silat, merupakan teknik dasar gabungan dalam pencak silat.

Teknik ini merupakan perkembangan dari gerakan kuda-kuda yang lebih mudah. Supaya gerakan ini tidak mudah untuk dibaca oleh lawan, maka kalian bisa melakukan perubahan injakan
kaki dari sudut ke sudut lain.

Dikutip dari Modul Pembelajaran PJOK SMA, Kemdikbud.MAR (*)

Top