Loading
Teknik Dasar Serangan Siku Lengkap Dengan Caranya, Wajib Kamu Kuasai!

Teknik Dasar Serangan Siku Lengkap Dengan Caranya, Wajib Kamu Kuasai!

PENCAKSILAT.TV – Teknik Dasar Serangan Siku dalam Pencak Silat adalah teknik-teknik yang digunakan untuk menyerang lawan dengan menggunakan siku. Teknik-teknik ini dapat dilakukan dari berbagai posisi dan arah, serta dapat digunakan untuk menyerang berbagai sasaran.

Pada serangan dengan siku, jarak lawan harus dekat. Serangan dengan menggunakan siku dapat dilakukan dengan arah serangan, diantaranya yaitu arah serangan depan, arah serangan belakang, arah serangan serong, arah serangan bawah.

Pertama, Arah serangan depan. Berikut ini adalah cara melakukan arah serangan depan:

  • Posisi awal, berdiri dengan kuda-kuda, yaitu kaki kiri di depan dengan lutut ditekuk dan kaki kanan lurus ke belakang.
  • Untuk melakukan serangan kepada lawan, yaitu siku tangan kiri ditekuk lurus ke depan dan tangan kanan ditekuk di depan dada jari-jari rapat dalam posisi berdiri.

Kedua, Arah serangan belakang. Berikut ini adalah cara melakukan arah serangan belakang:

  • Posisi awal, berdiri dengan kaki kiri di belakang dalam keadaan
    ditekuk dan kaki kanan di depan dengan lutut agak ditekuk.
  • Untuk melakukan serangan kepada lawan dengan siku tangan kanan ditekuk lurus ke belakang dan siku tangan kiri ditekuk di depan dada dengan jari-jari rapat dengan telapak tangan berdiri tegak.

Ketiga, Arah serangan serong. Berikut ini adalah cara melakukan arah serangan serong:

  • Posisi awal, berdiri serong ke kiri dengan sikap kuda-kuda, yaitu kaki kanan di depan dengan lutut ditekuk dan kaki kiri lurus ke belakang.
  • Untuk melakukan serangan kepada lawan siku kanan ditekuk, kemudian dilemparkan ke arah sasaran dan tangan kiri ditekuk di depan dada.

Keempat, Arah serangan bawah. Berikut ini adalah cara  melakukan arah serangan bawah:

  • Posisi awal berdiri dengan sikap kuda-kuda, yaitu kaki kiri dengan lutut ditekuk dan kaki kanan lurus ke belakang.
  • Untuk melakukan serangan kepada lawan, tangan kiri ditekuk di depan dada dalam keadaan tegak lurus, kemudian dipukulkan ke bawah, yaitu ke arah sasaran, sedangkan tangan kanan ditekuk di samping badan.

Demikian tadi adalah Teknik Dasar Serangan Siku Lengkap Dengan Caranya, Wajib Kamu Kuasai. Diolah dari Buku Modul Pembelajaran SMA PJOK. ALS (*)

Top