Loading

Teknik Serangan Tungkai dalam Pencak Silat

PENCAK SILAT.TV- Teknik Dasar Serangan Tungkai dalam Pencak Silat. Pencak silat merupakan cabang olahraga seni bela diri tradisional yang banyak diminati oleh masyarakat.

Dalam mempelajari pencak silat perlu menguasai teknik dasar untuk membentuk pertahanan dan melakukan serangan terhadap lawan.

Terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai dalam pencak silat salah satunya adalag teknik dasar serangan tungkai.

Teknik dasar serangan tungkai melibatkan beberapa anggota tubuh terutama pada bagian kaki diantarnya yaitu punggung kaki telapak kaki, ujung kaki, tumit, sisi kaki, dan pergelangan kaki.

Hal ini tergantung pada sikap pasang dan gerak gerik lawan. Berikut ini beberapa serangan tungkai dalam pencak silat.

1. Teknik Serangan Kaki
Serangan kaki meliputi pertama, tendangan depan yang dilakukan lurus ke depan dengan kekuatan penuh dengan cara kuda0kuda kiri, kaki kanan ditendanf ke depan hentakkan telapan kaki sejajar dengan bahu, dan kedua tangan berada di depan dada sebagi penyeimbang.

Kedua, posisi tendangan samping yaitu yang langsung diarahkan ke samping badan dengan cara kaki kuda-kuda kiri, kaki kanan ditendangkan ke samping dengan punggung kaki, dan kedua tangan berada di depan dad sebagai pemyeimbang.

Ketiga, tendangan melingkar adalah tendangan ayunan yang dilakukan tidak jauh beda dengan serangan kaki.

Terakhir, tendangan T yaitu tendangan yang menggunakan kekuatan paha dan betis yang dilakukan dengan cara sama seperti serangan kaki namun terdapat perbedaan pada kaki kanan ditendangkan dari samping ke depan dengan hentakan telapak kaki.

2. Teknik Serangan Lutut

Teknik ini terdapat dua bentuk yaitu serangan lutut bawah, lintasannya dari bawah ke atas. Sedangkan serangan lutut samping lintasannya dari samping.

Itulah teknik dasar serangan tungkai yang perlu kamu kuasai ketika belajar seni bela diri pencak silat. MAR (*)

Top