Loading
Prestasi yang diraih pagar nusa

Prestasi-presatsi yang diaraih oleh Pencak  Silat Nahdlatul Ulama

PENCAKSILAT.TV-Prestasi-presatsi yang diaraih oleh Pencak  Silat Nahdlatul Ulama.

Pagar Nusa adalah organisasi pencak silat yang didirikan oleh Nahdlatul Ulama (NU) pada tanggal 3 Januari 1986 di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur

Berdirinya Pagar Nusa bermula dari membiarkan para kiai NU menuju surutnya ilmu bela diri pencak silat di lingkungan pesantren.
Beberapa tokoh penting dalam berdirinya Pagar Nusa antara lain KH Suharbillah, KH Mustofa Bisri, dan KH Agus Maksum Jauhari
Tujuan dari Pagar Nusa adalah menggali, mengembangkan, dan melestarikan bela diri pencak silat di Indonesia.
Pagar Nusa memiliki arti pagarnya NU dan bangsa. Lambang Pagar Nusa digagas KH Suharbillah dan berbentuk segi lima yang berwarna dasar hijau dengan bola dunia di dalamnya. Bola dunia menyematkan pita bertuliskan “Laa…” dan melambangkan kepemimpinan NU dalam mengembangkan seni pencak silat.
Sejak didirikan, Pagar Nusa telah mengembangkan dan mengelola berbagai perguruan pencak silat di bawah naungan NU
Beberapa perguruan beladiri yang terkenal dengan Pagar Nusa meliputi PSHC, Cimande Sri Panjalu, Padepokan satria agung, Majelis Riyadhoh Al Harakah, dan lainnya.
Dalam artikel akili ini, Sobat Pencak Silat akan menelsuri Prestasi-presatsi yang diaraih oleh Pencak  Silat Nahdlatul Ulama atau lebih dikenal Pargar Nusa ( PSNU ).
Simak berikut ini beberapa Prestasi yang pernah diaraih oleh Pagar Nusa atau Pencak Silat Nahdaltul Ulama (PSNU).

Prestasi Pagar Nusa mengacu pada prestasi yang diraih anggota organisasi Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa dalam berbagai perlombaan.

Organisasi ini telah mencapai berbagai keberhasilan dalam kompetisi regional, nasional, dan internasional. Misalnya pada tahun 2022, Pagar Nusa Cabang Babat, Lamongan berhasil meraih 5 medali emas, 5 medali perak, dan 3 medali perunggu pada turnamen Pencak Silat se-Nusantara.

Pada tahun 2023, Pagar Nusa Tangerang Selatan total meraih 73 medali di dua kompetisi.
Pimpinan Pusat Pagar Nusa berkomitmen mendukung perkembangan atletnya dan memiliki beberapa program strategis untuk meningkatkan prestasinya di tingkat nasional dan internasional.

Pagar Nusa juga telah meraih kesuksesan di kompetisi lainnya, seperti Kejuaraan Pencak Silat NU Bersinar Silat dan Piala Juara Pare-pare.

Demikian Prestasi-presatsi yang diaraih oleh Pencak  Silat Nahdlatul Ulama. MAR (*)

Top