Loading

Keunikan Pencak Silat Tapak Suci Putra Muhamadiyah

PENCAK SILAT.TV – Keunikan Pencak Silat Tapak Suci Putra Muhamadiyah. Tapak suci merupaka perguruan pencak silat dibawah naungan persyarikatan Muhammadiyah.

Tapak suci merupakan anggota Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) yang berasaskan oleh islam, bersumber pada Al-Quran dan Sunnah.

Hal ini menjadikan tapak suci berbeda dengan perguruan silat lainnya yaitu adanya perpaduan nilai agama dengan budaya.

Perguruan silat yang berpusat di Kauman, Yogyakarta memiliki motto untuk mencetak kader Muhammadiyah dengan iman dan karakter akhlak yang kuat.

Sebagai organisasi poencak silat, Tapak suci memiliki ciri khas yang tertuang dalam logo yang digunakan sebagai identitas diri dari perguruan.

Selain itu, perguruan tapak suci juga memiliki keunikan yang mungkin saja sudah banyak diketahui oleh masyarakat umum.

Berikut ini adalah keunikan dari perguruan tapak suci.

1. Gerakan yang Unik

Kunikan gerakan dalam tapak suci adalah gerakan yang dinamis dan tepat. Para atlite tapak suci menunjukkan keahliannya melalui gerakan-gerakan yang elegan.

Gerakan tersebut mencakup pukulan,tendangan, teknik baku yang memanfaatkan kekuatan fisik dan kecepatan.

2. Filosofi Mendalam

Dalam perguruan ini menggabungkan unsur-unsur spiritual dengan praktik fisik. Selain itu juga mengajarkan tentang nilai-nilai kejujuran, kesetiaan, dan pengendalian diri.

Dalam latihan, anggota tapak suci tidak hanya diajari tentang meningkatkan kemampuan fisik tapi juga memperbaiki sikap dan karakter.

Tapak suci juga mengajarkan tentang pentingnya memiliki hati yang bersih dan terbuka. Serta bagaimana mengendalikan emosi dan menghormati orang lain.

3. Menggabungkan Unsur Budaya 

Tapak suci menggabungkan unsur budaya dalam bentuk menyertakan tarian, musik, dan pakaian tradisional sebagai bagian integral dari latihan dan pertunjukan.

Banyak istilah dan komando yang digunakan dalam Pencak Silat Tapak Suci berasal dari bahasa Jawa. Hal ini memberikan sentuhan budaya yang dalam dalam praktik seni bela diri ini

Penggunaan bahasa Jawa juga menghormati akar budaya dari seni bela diri ini dan menjaga warisan budaya yang kaya.

4. Latihan 

Para anggota tapak suci  tidak hanya fokus pada aspek fisik, tetapi juga melibatkan latihan mental dan spiritual.

Tujuannya adalah untuk mencapai keseimbangan yang harmonis antara tubuh, pikiran, dan jiwa.

Tapak Suci menggunakan meditasi untuk melatih pikiran dan meningkatkan kesadaran diri. Meditasi ini membantu fokus dan konsentrasi yang diperlukan dalam praktik seni bela diri ini

Kelembutan juga merupakan aspek penting dalam latihan Pencak Silat Tapak Suci. Praktisi diajarkan untuk mengendalikan kekerasan dan menggunakan kelembutan untuk mempertahankan diri.

Itulah beberapa kunikan dari perguruan tapak suci.(MAR)*

 

Top