Loading
Profi Pendekar PPSI

Profil Pendekar Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI)

PENCAKSILAT.TV-Profil Pendekar Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI).

Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) didirikan pada tahun 1957 oleh pendekar asal Galuh Ciamis, R. Ema Bratakoesoema. Setelah mengalami masa tenggelam, PPSI kembali aktif sebagai wadah para pendekar silat di Kabupaten Ciamis setelah 32 tahun.

PPSI memiliki sejarah panjang dalam menghimpun para pendekar penca Sunda untuk membantu pemerintah dalam menghadapi berbagai tantangan.

Beberapa tokoh terkait dengan PPSI termasuk pendekar-pendekar terkemuka seperti R. Ipung Gandapradja, R.Karmus, R. Andang Wirasmita Maolana, K.H. Yusup Todjiri, R. Sunarya, Ilyas, R. Didi, dan R. Adibrata. Selain itu, Abah Engkus, juga dikenal sebagai Kusrani, merupakan seorang pendekar silat sekaligus pendiri PPSI yang meraih penghargaan sebagai penerima anugerah kebudayaan kategori maestro seni tradisi.

Pada artikel kali ini, sobat Pencak Silat TV akan menguraikan Profil Pendekar Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI).

PPSI merupakan wadah berkumpulnya para pendekar silat di Kabupaten Ciamis dan berdiri kembali setelah 32 tahun tenggelam organisasi.

Beberapa pendekar yang terkait dengan PPSI meliputi R. Ipung Gandapradja, R.Karmus, R. Andang Wirasmita Maolana, K.H. Yusup Todjiri, R. Sunarya, Ilyas, R. Didi, R. Adibrata, dan lainnya.

Tujuan PPSI adalah untuk menghimpun para pendekar penca Sunda agar dapat membantu pemerintah dalam menghadapi gangguan DI/TII muncul dari Panglima Kodam III/Siliwangi.

Namun, seiring perkembangan zaman, PPSI di Kabupaten Ciamis vakum pada tahun 90-an.

Dalam profil PPSI, terdapat beberapa pendekar yang telah meraih juara umum, seperti Riau Raih Juara Umum Ke 2 Setelah Tuan Rumah Jawa Barat.

Tak hanya itu PPSI juga menghasilkan penerima anugerah kebudayaan dan maestro seni tradisi, seperti yang diberikan oleh Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya. Dalam periode 2017-2021, PPSI Kabupaten Karawang mengalami pelantikan pengurus DPD Persatuan Pencak Silat Indonesia.

Selain itu Penerima anugerah kebudayaan kategori maestro seni tradisi yang merupakan pendekar silat sekaligus pendiri Persatuan Pencak Silat (PPSI) adalah Abah Engkus, juga dikenal sebagai Kusrani. Ia lahir di Pandeglang, Banten, pada 11 Maret 1953, dan ayahnya, Muhammad Ilyas, yang semasa hidupnya dikenal sebagai Aki Ilyas, juga merupakan pendekar silat sekaligus pendiri PPSI.

Demikain Profil Pendekar Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI). MAR (*)

Top