Loading

Berikut Tujuan Berdirinya PS Cimande, Perlu Kamu Ketahui

PENCAK SILAT.TV- Berikut Tujuan Berdirinya PS Cimande, Perlu Kamu Ketahui.

Pencak Silat Cimande merupakan seni bela diri pencak silat tertua di Indonesia yang banyak melahirkan banyak perguruan silat lainnya.

Terdapat banyak versi sejarah dan cerita terkait berdirinnya pencak silat Cimande.

Pada versi pertama mengatakan bahwa pendiri PS Cimande yang dikenal dengan sebutan Abah Kahir yang tak lain seorang pedangang dari jawa barat menemukan ilmu tersebut dari latihan dengan istrinya.

Kala itu istri abah kahir pernah penyaksikan pertarungan antara harimau dan seekor monyet yang menurutnya gerakan dan jurus yang dikeluarkan oleh hewan tersebut sangatlah epik.

Kemudian istri Kahir menyaksikan pertanrungan tersebut dan sambil mengingat semua gerakan yang dliakukan oleh harimau dan monyet.

Akhirnya ia pun berlatih sendirian di pinggir sungai sampai betul-betul menguasai semuanya, dan itu menjelang tengah malam.

Hal tersebut diketahui oleh Abah kahir dan dia pun meminta istrinya mengajarkannya. Ia berpikir, 2 kepala yang mengingat lebih baik daripada satu kepala. Ia takut apa yang istrinya ingat akan lupa.

Pada cerita versi Kedua Abah Khaer adalah seorang ahli maenpo dari Kampung Badui yang dipercayai sebagai keturunan Abah Bugis.

Abah Bugis sendiri adalah salah seorang Guru ilmu perang khusus dan kanuragaan untuk prajurit pilihan di Kerajaan Padjadjaran dahulu kala.

Keberadaan Abah Khaer di Kampung Badui mengkhawatirkan para sesepuh.

Hal ini dikarenakan para pendekar dari lain daerah yang hendak mengadu jurus dengan Abah Khaer, dan semuanya berakhir dengan kematian.

Kematian karena pertarungan di tanah Badui adalah “pengotoran” akan kesucian tanah Badui.

Menurut versi ketiga dicritakan Abah Khaer sebagai murid dari Abah Buyut, masalahnya dalam budaya Sunda istilah Buyut dipakai sebagaimana “leluhur” dalam Bahasa Indonesia.

Jadi Abah Buyut sendiri merupakan sebuah misteri terpisah, darimana dia belajar Maenpo ini, apakah hasil perenungan sendiri atau ada yang mengajari? Yang pasti, di desa tersebut, tepatnya di Tanah Sareal terletak makam leluhur Maenpo Cimande yaitu Abah Buyut, Abah Rangga, Abah Khaer, dan lain-lain.

Dari versi cerita diatas memang belum dapat diapastikan mana yang benar adanya.

Namun perlu diketahui bahwa Abah kahir merupakan seorang pendekar yang takbisa diragukan lagi tingkat keilmuannya dalam seni beladiri pencak silat.

Berdirinya PS Cimande pastinya mempunyai tujuan khusus tak lain adalah untuk menjaga dan melestarikan budaya Indonesia.

Berikut ini beberapa tujuan dari Pencak Silat Cimande.

1. Terwujudnya kesadaran yang mendalam tentang jiwa pencak silat Cimande sehingga dapat mengamalkan secara konsekuen.

Sebagai insan hamba Allah, sebagai insan Sosial Budaya, sebagai insan pencak silat Cimande, dan sebagai insan Warga Negara Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

2. Terwujudnya keluarga besar pencak silat Cimande yang taat dan saleh dalam melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang diyakini masing-masing.

3. Terwujudnya pembinaan tradisi, adat istiadat dan ajaran yang mempunyai nilai-nilai luhur yang selaras dengan kehidupan dan tata kehidupan pancasila dan UUD 1945.

4. Terwujudnya sikap dan prilaku hidup serta amal perbuatan keluarga besar pencak silat Cimande yang berpedoman pada Taleq.

5. Terwujudnya dan terpeliharanya identitas anggota keluarga besar pencak silat Cimande dimana saja mereka berada.

Itulah beberpa tujuan berdirinya Pencak Silat Cimande.MAR(*)

Top