Loading

Perbedaan Latihan PS Cimande dengan Pencak Silat Lain

PENCAK SILAT.TV- Perbedaan Latihan PS Cimande dengan Pencak Silat Lain.

Pencak Silat Cimande merupakan perguruan pencak silat tertua di Indonesia yang berasal dari Jawa Barat.

PS Cimande mempunyai pengaruh besar terhadap perkembangan pencak silat lainnya.

Sejarah mencatat bahwa PS Cimande banyak melahirkan para pendekar yang hebat dan melahirkan perguruan silat baru.

Sebanyak 33 jurus Cimande dan 18 jurus PCK yang dipelajari oleh anggota Cimande.

Jurus ini telah berkembang seiring berjalannya waktu, dengan berbagai komponen dan metode pelatihan yang dikembangkan dan diperluas oleh berbagai praktisi dan guru, yang pada akhirnya berkontribusi terhadap warisan Pencak Silat yang kaya dan beragam.

Dalam pelatihan, PS Cimande mempunyai keunikan tersendiri yang membedakan dengan perguruan lainnya.

Karena tetap menerapka taleq falsafat sebagai pegangan hidup agar anggota Cimande tidak teromabang ambing dan tetap menjaga kerukunan bersama antar umat manusia.

Sikap dan perilaku hidup yang telah ditentukan oleh oerguruan ini dapat bisa dijalankan oleh semua anggota Cimande.

Latihan PS Cimande berbeda dengan pencak silat lainnya dalam beberapa hal. Pertama, teknik dan filosofi sistem pertahanan, yang melarang keras siswa terlibat dalam pertarungan, selaras dengan nilai-nilai dasar Pencak Silat.

Penekanan pada pertahanan dan penghindaran konflik mencerminkan nilai-nilai budaya non-kekerasan dan harmoni dalam masyarakat Indonesia.

Kedua, PS Cimande menerapkan kode etik yang menekankan rasa hormat terhadap orang lain dan menghindari konflik bila memungkinkan.

Nilai ini tercermin dalam penekanan sistem pada peningkatan keharmonisan dan toleransi.

Ketiga, PS Cimande memiliki sejarah penyembuhan dan pengembangan energi internal yang merupakan aspek penting dari ajaran dan jurusnya.

Aspek-aspek sistem ini berkontribusi terhadap kesejahteraan individu dan masyarakat secara keseluruhan, meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan spiritual.

Keempat, latihan PS Cimande mencakup latihan Jurus duduk bersama seorang rekan, yang menekankan penggunaan pandangan tidak langsung untuk bertahan dan dengan tenang mengambil dan menangkis serangan yang datang ke arah Anda.

Pendekatan ini berbeda dengan seni bela diri lain yang mungkin menekankan teknik yang lebih agresif atau ofensif.

Terakhir, PS Cimande berakar kuat pada seni bela diri tradisional Jawa Barat dan telah berkembang seiring berjalannya waktu melalui kontribusi berbagai praktisi dan guru.

Kekayaan sejarah dan warisan budaya ini menjadikannya bagian integral dari identitas budaya Indonesia dan membedakannya dari seni bela diri lainnya.

Dalam latihan PS Cimande juga diajarkan untuk memiliki sikap rasa hormat, anti-kekerasan, dan kesejahteraan, serta berkontribusi terhadap pelestarian warisan budaya Indonesia. MAR(*)

Top