Loading
Seni Bela Diri Yang Menerapkan Pengaruh Budaya Hindu

Seni Bela Diri Yang Menerapkan Pengaruh Budaya Hindu Di Indonesia

PENCAKSILAT.TV-Seni Bela Diri Yang Menerapkan Pengaruh Budaya Hindu Di Indonesia.

Beladiri Indonesia memiliki pengaruh dari berbagai budaya, termasuk budaya Tionghoa dan Shaolin. Masyarakat Tionghoa di Indonesia telah membawa dan mengembangkan seni bela diri Kung Fu, yang kemudian menyebar ke seluruh Indonesia.

Beberapa praktisi kungfu di Indonesia juga tertarik untuk meneliti sejarah kungfu dan lika-liku perjalanannya di Indonesia, seperti yang terdokumentasi dalam buku “Melacak Jejak Kungfu di Indonesia”. Selain Kung Fu, ada juga seni bela diri Wuzuquan yang ditampilkan dalam kompetisi Shaolin tradisional di Indonesia.

Selain itu, ada juga seni bela diri Shorinji Kempo yang dipandang sebagai versi modifikasi dari seni bela diri Shaolinsi Kung Fu. Pencak Silat, seni bela diri asli Indonesia, juga memiliki pengaruh dari berbagai budaya, termasuk budaya Tionghoa.

Tak hanya itu saja, kita tahu indonesia dengan kebergaman agama yang tak menetup kemungkinan sebuah aliran dengan banyaknya agama di indoensia bisa diperaktikkan, salah satunya adalah seni beladiri, beberapa seni beladiri indonesia yang menerapkan pengaruh budaya hindu di indonesia.

Pada artikel kali ini Sobat Pencak Silat Tv akan menguraikan beberapa Seni Bela Diri Yang Menerapkan Pengaruh Budaya Hindu Di Indonesia.

Berikut ini beberapa seni bela diri di Indonesia yang menerapkan pengaruh budaya Hindu Selain Penncak Silat antara lain:

  1. Merpati Putih: Merpati Putih adalah salah satu perguruan Pencak Silat yang menganut aliran Hindu Dharma. Perguruan ini didirikan pada 31 Januari 1955 di Banjar Kaliungu Kaja, Denpasar, Bali oleh empat pendekar mantan pejuang kemerdekaan Indonesia.

  2. Bakti Negara: Bakti Negara adalah aliran dan perguruan Pencak Silat Bali yang berpedoman pada ajaran Hindu Dharma. Perguruan ini dibentuk pada 31 Januari 1955 di Banjar Kaliungu Kaja, Denpasar, Bali, oleh empat pendekar mantan pejuang kemerdekaan Indonesia.

Dari sumber yang ditemukan, Merpati Putih dan Bakti Negara merupakan contoh perguruan Pencak Silat di Indonesia yang menerapkan pengaruh budaya Hindu dalam latihan dan ajaran mereka.

Demikian Seni Bela Diri Yang Menerapkan Pengaruh Budaya Hindu Di Indonesia. MAR (*)
Top