Loading

Tujuan dan Prasetya Pencak Silat Pagar Nusa

PENCAK SILAT.TV- Tujuan dan Prasetya Pencak Silat Pagar Nusa.

Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa meruapan perguruan seni bela diri dibawah naungan organisasi islam Nahdlatul Ulama (NU).

Pagar Nusa berdiri pada pada tanggal 03 Januari 1986 di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri yang saat itu ketua umum pertamanya adalah KH. Abdulloh Maksum Jauhari.

Dalam rangka menyatukan dan mewadahi seluruh pencak silat NU, Pagar Nusa mempunyai misi dalam melaksanakan kebijakan NU pada pengembangan seni, budaya, tradisi, olahraga pencak silat, pengobatan alternatif, dan pengabdian masyarakat.

Selain itu, Pagar Nusa didirikan tak lain juga sebagai media dakwah penyiaran agama oleh para kyai dan para pendekar NU dengan asas Ahlusunnah Wal Jamaah.

Berikut ini tujuan dan prasetya pencak silat Pagar Nusa

1. Pembinaan, pengembangan, pelestarian, dan pendayagunaan profesi seni, budaya, bela diri pencak silat, dan ketabiban dengan segala aspeknya, baik aspek seni, budaya, bela diri pencak silat.

Dan ketabiban sebagai cabang olahraga maupun seni budaya dan aspek ketabiban (mental spiritual) dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang berbudi luhur dan Pancasilais.

2. Berlakunya ajaran Islam menurut paham Ahlusunnah wal Jamaah dengan menganut salah satu Mazhab Empat di tengah-tengah kehidupan masyarakat dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Dan berikut ini prasetya dari PSNU

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

Kami Pesilat Pagar Nusa Sanggup Melaksanakan :

1. Bertaqwa kepada Allah SWT.

2. Berbakti kepada Nusa dan Bangsa

3. Menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan

4. Mempertahankan kebenaran dan mencegah kemungkaran

5. Mempertahankan faham Ahlusunnah wal Jama’ah An Nahdliyah

Itulah tujuan dan prasetya dari pencak silat Pagar Nusa. MAR(*)

Top