Loading
Sejarah dan Prinsip Perguruan Seni Bela Diri Silat Budi Suci Melati (BSM)

Sejarah dan Prinsip Perguruan Seni Bela Diri Silat Budi Suci Melati (BSM)

PENCAKSILAT.TV-Sejarah dan Prinsip Perguruan Seni Bela Diri Silat Budi Suci Melati (BSM) .

Perguruan Seni Bela Diri Silat Budi Suci Melati (BSM) adalah salah satu perguruan seni bela diri silat di Indonesia. Didirikan oleh Bapak Achmad Boesjairi, perguruan ini berasal dari Jawa Barat pada tahun 1920.

Silat Budi Suci sebenarnya berasal dari Banten. Sekitar tahun 1960-an, A. Munawir yang berasal dari Purworejo mendapat mandat untuk mengembangkan bela diri pencak silat Budi Suci dari gurunya. Setelah beberapa tahun berjalan, perkembangan Budi Suci tidak banyak mengalami kemajuan, khususnya di Kota Semarang tempat A. Munawir tinggal pada saat itu. Hal tersebut disebabkan karena usia beliau sudah lanjut dan administrasi yang masih belum tersusun dengan baik.

Pada tanggal 7 Agustus 1978, A. Munawir mewariskan ilmunya dan memberi mandat kepada salah seorang murid beliau yang bernama Achmad Boesjairi yang berasal dari Kabupaten Jember untuk mengembangkan dan melestarikan Budi Suci. Sejak itu, Achmad Boesjairi mengembangkan Budi Suci secara tertib administrasi hingga ke daerah-daerah lain dengan sekretariat pusat yang beralamat Purwosari Wijilan No. 360A, Kudus, Jawa Tengah. Kemudian pada Tanggal 13 Januari 1990, ditetapkan bahwa nama perguruan menjadi Budi Suci Melati (BS. Melati).

Sejak didirikan, BSM telah menggabungkan pencak silat dengan budi pekerti luhur, menekankan pada aspek spiritual dan moral dalam latihan seni bela diri. Seiring berjalannya waktu, BSM terus berkembang dan menjadi salah satu perguruan seni bela diri silat yang diakui di Indonesia. Namun, detail lebih lanjut mengenai sejarah BSM mungkin perlu dikonfirmasi melalui sumber resmi atau pihak terkait.

Perguruan Seni Bela Diri Silat Budi Suci Melati (BSM) mengembangkan teknik gerak silat cepat dan memadukan pencak silat dengan budi pekerti luhur. Namun, detail spesifik mengenai teknik-teknik yang digunakan oleh BSM tidak tersedia dalam sumber yang ditemukan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai teknik-teknik yang diajarkan oleh BSM, disarankan untuk menghubungi langsung pihak terkait atau sumber resmi yang kompeten.

Perguruan Seni Bela Diri Silat Budi Suci Melati (BSM) menekankan pada prinsip budi luhur dan mencari ridho serta keselamatan dari Allah SWT. Prinsip-prinsip ini menunjukkan bahwa BSM memiliki fokus pada nilai-nilai keagamaan dan moral dalam latihan seni bela diri. Selain itu, informasi mengenai prinsip-prinsip lain yang diambil oleh BSM dalam pencak silat tidak ditemukan dalam sumber yang tersedia.

Perguruan Seni Bela Diri Silat Budi Suci Melati (BSM) dikenal karena memadukan gerakan fisik dan pernafasan, serta mengembangkan teknik gerak silat cepat. Oleh karena itu tidak heran jika ia terkenal oleh banyak perguruan silat lainya.

Demikian Sejarah dan Prinsip Perguruan Seni Bela Diri Silat Budi Suci Melati (BSM). MAR (*)

Top