Loading
Berikut Perbedaan Antara Pencak Silat dan Taekwondo

Berikut Perbedaan Antara Pencak Silat dan Taekwondo

PENCAK SILAT.TV- Berikut Perbedaan Antara Pencak Silat dan Taekwondo.

Bela diri merupakan salah satu cara seseorang untuk memepertahankan dirinya dengan mengutamakan kekuatan dan ketahanan fisik.

Seni bela diri juga digunakan untuk meningkatkan kekuatan atau kemampuan fisik seseorang.

Ini termasuk olahraga fisik yang banyak digemari oleh masyarakat mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Banyak juga lembaga sekolah yang memberikan fasilitas bagi siswanya untuk belajar bela diri yang biasanya dijadikan sebagai ekstrakulikuler.

Hal ini baik untuk melatih ketahanan fisik mereka terlebih bagi para siswa yang masih diusia muda yaitu tingakta sd dan smp.

Seni bela diri telah tersebar diseluruh penjuru dunia dan hampir setiap negara mempunyai seni bela diri yang berkembang di daerah masing-masing maupun hasil serapan dari seni bela diri lain yang berkembang di daerah asalnya.

Sebagai contoh, seni silat yang merupakan seni bela diri yang berkembang di negara ASEAN dan terdapat di Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Brunei.

Seni bela diri terbagi atas berbagai macam jenis, yaitu: seni tempur bersenjata tajam, seni tempur bersenjata tumpul/tidak tajam (kayu, bambu, dll), dan seni tempur tangan kosong.

Diantara seni bela diri yang menggunakan seni tempur tangan kosong yaitu salah satunya pencak silat dan taekwondo.

Pencak silat dan Taekwondo memang sama-sama seni bela diri yang menggunakan tangan kosong dan tentunya sama-sama mengutamakan kekuatan dan ketahanan fisik.

Namun, kedua seni bela diri tersebut jelas sangatlah berbeda terutama asal usul, gerakan dan teknik yang digunakan.

Berikut ini perbedaan antara pencak silat dan taekwondo yang perlu kita ketahui.

1. Asal Usul

Pencak silat berasal dari tradisi Nusantara, Indonesia, dan berdiri sejak zaman Sriwijaya, sedangkan taekwondo berasal dari Korea Selatan dan berdiri sejak zaman dinasti Goguryeo

2.Gerakan

Silat menggunakan gerakan yang lebih berdasarkan konsentrasi dan ketangguhan, sementara taekwondo menggunakan gerakan yang lebih berdasarkan kecepatan dan kekuatan kaki

3. Teknik

Silat menggunakan teknik pukulan dan menendang dengan tangan dan kaki.

Sementara taekwondo menggunakan teknik pukulan dan menendang dengan kaki, yang lebih berfokus pada penggunaan daya jangkau dan kekuatan kaki

4. Organisasi

IPSI adalah induk organisasi pencak silat di Indonesia, sedangkan FTI merupakan federasi taekwondo di Indonesia

5. Teknik dan Gerakan

Silat memiliki teknik dan gerakan yang lebih beragam, termasuk teknik pukulan, menendang, dan pertempuran, sementara taekwondo memiliki teknik yang lebih fokus pada teknik pukulan dan menendang dengan kaki

6. Perilaku

Silat memiliki beberapa aspek yang lebih tradisional, termasuk aspek seni pertunjukan, ritual, dan festival, sedangkan taekwondo lebih fokus pada pertandingan olahraga

7. Seni Beladiri

Silat merupakan seni beladiri yang lebih umum di Indonesia, sementara taekwondo lebih populer di Korea Selatan dan beberapa negara lain.

Itulah 7 perbedaan yang terdapat pada  pencak silat dan taekwondo. MAR (*)

Top