Loading
Mengupas Sejarah Pencak Silat di Jawa Barat Dan Beberapa Aliranya

Mengupas Sejarah Pencak Silat di Jawa Barat Dan Beberapa Aliranya

PENCAKSILAT.TV-Mengupas Sejarah Pencak Silat di Jawa Barat Dan Beberapa Aliranya.

Pencak Silat, seni bela diri tradisional asli Nusantara, memiliki akar yang dalam di Jawa Barat. Berdasarkan sejarahnya, Pencak Silat muncul pada abad ke-17 di Jawa Barat dengan lahirnya aliran tertua, Pencak Cimande.

Aliran ini dipelopori oleh tokoh-tokoh seperti Haji Ibrahim dan Sakir, yang memainkan peran penting dalam penyebaran dan pengembangan Pencak Silat di daerah tersebut. Selain Cimande, aliran-aliran lain seperti Cikalong dan Syahbandar juga berkembang di Jawa Barat. Pada tahun 2019, tradisi Pencak Silat di Jawa Barat diakui sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO.

Upaya pelestarian dan pengembangan seni bela diri ini terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil, menekankan pentingnya merawat kesenian bela diri ini melalui berbagai langkah, termasuk pendirian padepokan khusus silat sebagai upaya pelestarian
Pencak Silat bukan hanya sekadar seni bela diri; ia juga menjadi bagian dari identitas budaya Jawa Barat.
Dengan berbagai upaya pengembangan dan pelestarian seni ini, Jawa Barat berharap dapat menjadi pelopor dalam fasilitasi berbagai olahraga dan membangun generasi penerus yang kuat dan berwatak unggul.


Melalui kesenian Pencak Silat, Jawa Barat tidak hanya melestarikan warisan budayanya tetapi juga membentuk karakter generasi penerus yang tangguh dan berintegritas. Sebagai bagian dari warisan nenek moyang Indonesia, Pencak Silat tidak hanya mengajarkan keterampilan bela diri tetapi juga nilai-nilai kehidupan yang mendalam.

Dengan tujuan meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani, serta sebagai sarana pengembangan pendidikan, Pencak Silat menjadi lebih dari sekadar seni bela diri; ia menjadi wahana pembentukan karakter yang tangguh dan positif bagi generasi masa depan.

Berikut adalah beberapa aliran pencak silat yang ada di Jawa Barat:

  1. Silat Cimande – bersama dengan Sera (aliran kera), Pamacan (aliran harimau) dan Terumbu (pertarungan tongkat).

  2. Silat Cikalong – aliran pencak silat dari Cianjur dengan tokoh pendirinya H. Ibrahim atau R. Jaya Perbata, meninggal pada tahun 1908.

  3. Silat Riksa Budi Kiwari – perguruan ini didirikan oleh Pak Ujang Jayadiman pada tahun 1982 di Bandung.

  4. Perguruan Pencak Silat Padjadjaran Nasional – perguruan silat yang merupakan hasil penggabungan Lima aliran Silat Buhun dan berpusat di Bogor.

Selain itu, ada juga beberapa aliran lainnya seperti Syahbandar dan beberapa aliran lainnya.

Demikian Sejarah Pencak Silat di Jawa Barat Dan Beberapa Aliranya. MAR (*)

Top