Loading
Mengenal Sejarah Silat Babat Tanah Jawa

Mengenal Sejarah Silat Babat Tanah Jawa

PENCAKSILAT.TV-Mengenal Sejarah Pencak Silat Babat Tanah Jawa.

Sejarah silat di Jawa adalah sejarah seni bela diri yang berasal dari Jawa, Indonesia. Pencak silat di Jawa muncul pada abad XVII dengan lahirnya Pencak Cimande di Jawa Barat.

Pencak Cimande merupakan aliran tertua dari pencak silat di Jawa Barat dan merupakan bagian dari pendidikan bela negara untuk menghadapi penjajah asing. Di Jawa Barat, pencak silat muncul pada abad XVII dengan lahirnya Pencak Cimande, yang merupakan aliran tertua dari pencak silat di Jawa Barat.

Pencak Cimande berasal dari daerah Cimande di Jawa Barat, yang disebut Cimande karena lahirnya di daerah tersebut. Sekitar abad ke-18 di daerah Cikalong Kulon, Kabupaten Cianjur, muncul pencak silat aliran baru yang dipelopori oleh Haji Ibrahim, yang disebut aliran Cikalongan . Pencak silat adalah sebuah bentuk kesenian yang di dalam penyajiannya sarat dengan permainan atau ketangkasan bela diri.
Kali ini sobat pencak silat tv akan menguraikan beberap perguraun silat yang lahir ditanah jawa simak dan baca Berikut ini adalah beberapa aliran pencak silat yang ada di Indonesia:
  1. Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT): Aliran pencak silat yang didirikan tahun 1903 oleh Ki Ngabehi Soeromihardjo, dengan nama yang berarti sebuah kesatuan tunggal dalam hati dan pikiran manusia yang berorientasi pada Tuhan.

  2. Pencak Silat Pagar Nusa: Aliran pencak silat yang terdapat di lingkungan pesantren Nahdlatul Ulama (NU) sejak tahun 1986.
  3. Pencak Silat Perisai Diri: Aliran pencak silat yang didirikan 2 Juli 1955 di Surabaya oleh RM Soebandiman Dirdjoatmodjo, putra bangsawan Keraton Paku Alam.

  4. Pencak Silat Merpati Putih: Aliran pencak silat yang dilakukan dengan tangan kosong atau tanpa senjata dan alat.

  5. Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKSP): Organisasi pencak silat yang didirikan pada tahun 1986.

  6. Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU): Aliran pencak silat yang berasas Islam, yang terdapat di lingkungan pesantren Nahdlatul Ulama (NU).

  7. Pencak Silat Merah Putih: Aliran pencak silat yang terdapat di daerah Jawa Barat.

  8. Silat: Aliran pencak silat yang berasal dari daerah Jawa Tengah.

  9. Silat: Aliran pencak silat yang terdapat di daerah Jawa Timur.

Ini adalah beberapa aliran pencak silat yang ada di Indonesia, namun ada banyak lagi yang dapat ditemukan di sumber-sumber lain.

Demikian Mengenal Sejarah Silat Babat Tanah Jawa. MAR (*)
Top