Loading
Pencak Silat Menjadi Seni Bela Diri Terbaik

Pencak Silat Menjadi Seni Bela Diri Terbaik

PENCAK SILAT.TV- Pencak Silat Menjadi Seni Bela Diri Terbaik.

Seni bela diri merupakan jenis olah raga yang bayak diminati oleh khalayak umum.

Selain sebagai melatih kekeuatan otot juga menilai tingkat pertahanan seseorang dalam mengahadapi lawannya.

Terdaoat banyak pilihan yang jenis seni bela diri yang diminati oleh masyarakat luas.

Diantaranya adalah karate, kungfu, taekwondo, pencak silat dan masih banyak yang lainnya.

Dari banyaknya seni bela diri yang ada pencak silat menjadi pilhan utama yang sangat diminati.

Hal ini dikarenkan pencak silat dengan gaya karakteristiknya yang tidak menghilangkan nilia tradisional banyak tersebar diberbagai manca negara.

Terdapat alasan utama mengapa pencak silat menjadi perguruan atau seni bela diri favorit. Berikut ini beberapa alasannya.

 Belajar Menyerang

Di banyak perguruan , akan diajarkan teknik-teknik yang harus diketahui setiap petarung – seperti cara memukul dan menendang dengan benar.

Meninju dan menendang adalah mekanisme penyerangan instingtual manusia yang muncul secara impulsif dalam pertemuan kekerasan. Silat menyempurnakannya dan memberikan metodologi pelaksanaan pukulan dan tendangan yang efisien.

Siswa dapat mempertahankan diri secara efektif menggunakan pukulan dan tendangan dasar.

Dapat Menggunakan Senjata Praktis

Dalam Silat biasanya ada latihan senjata dan senjatanya biasanya sangat praktis.

Golok atau parang adalah senjata berbilah panjang dalam Silat yang mirip dengan parang, alat pertanian praktis yang ditemukan di hampir setiap masyarakat pedesaan di seluruh dunia .

Kerambit telah terbukti sangat efektif sehingga ditiru oleh perusahaan pisau besar di seluruh dunia . Silat juga menggunakan senjata yang fleksibel seperti sarung , yang tidak mencolok.

Teknik Hewan Sangat Keren

Mirip dengan Kungfu, banyak aliran Silat yang memiliki teknik menirukan harimau, ular, elang, monyet, dll.

Silek Harimau adalah gaya yang didasarkan pada gerakan harimau.

Banyak seniman bela diri senang meniru gerakan hewan tertentu; itu menambah unsur keanggunan dan kegembiraan pada pelatihan mereka.

 Ada Unsur Artistik

Dalam Silat terdapat aspek seni yang kuat karena pada masa pendudukan Belanda, Silat seringkali hanya ditampilkan di depan umum sebagai sebuah seni.

Di zaman modern, praktisi Silat di seluruh dunia berkompetisi dalam nomor tunggal, ganda, dan regu – yang semuanya merupakan ekspresi artistik seni yang cukup mengesankan.

Silat memiliki Sejarah yang Kaya

Silat berasal dari beberapa negara termasuk Malaysia, Indonesia, Singapura, Brunei, dan bahkan sebagian Filipina dan Thailand.

Karena Silat tidak hanya berasal dari satu negara, hal ini membatasi kendali pemerintah atas seni tersebut.

Namun, hal ini memungkinkan adanya keragaman yang luar biasa dalam gaya dan penerapan teknik Silat berdasarkan etnis dan budaya.

Wanita juga melatih Silat

Dalam banyak tradisi, seni bertempur merupakan hak istimewa laki-laki saja. Sumo Jepang masih dipraktikkan secara profesional hanya oleh laki-laki.
Sebaliknya, banyak aliran Silat yang berasal dari tradisi keluarga yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Perempuan sering kali dilatih Silat untuk mempertahankan diri dari penyerang dari suku dan etnis lain. Silat juga digunakan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Pada tahun 1949, Enny Rukmini , seorang praktisi Pencak Silat berusia 34 tahun bergabung dengan kekuatan anti-kolonial di Indonesia.

Setelah kemerdekaan, ia menjadi kepala instruktur di sekolah ayahnya Panglipur dan kemudian menjadi pemimpin gerakan memperkenalkan Silat ke dalam sistem sekolah.

Saat ini, beberapa atlet yang paling berprestasi dalam olahraga Pencak Silat adalah perempuan.

Itulah beberapa alasan kenapa silat menjadi seni bela diri terbaik dan banyak diminati oleh khalayak umum. MAR(*)

Top