Loading
Ketua Umum PPS Betako Merpati Putih, Mayjen TNI Mohamad Hasan: UKT Nasional dan Tradisi 2023 Semangat Menuju PANCACITA

Ketua Umum PPS Betako Merpati Putih, Mayjen TNI Mohamad Hasan: UKT Nasional dan Tradisi 2023 Semangat Menuju PANCACITA

Ketua Umum PPS Betako Merpati Putih, Mayjen TNI Mohamad Hasan: UKT Nasional dan Tradisi 2023 Semangat Menuju PANCACITA

PENCAKSILAT.TV – Perguruan Pencak Silat Bela Diri Tangan Kosong (PPS BETAKO) Merpati Putih sukses gelar Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) Nasional di Pantai Parangkusumo Yogyakarta. (27-30/07/2023) kemarin.

Acara UKT Nasional merupakan agenda tahunan Merpati Putih. Pada tahun ini acara tersebut diikuti oleh 38 peserta dari seluruh Indonesia.

Ketua Umum PPS Betako Merpati Putih, Mayjen TNI Mohamad Hasan, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Umum Marsyel M. Ririhena, S.E, menyampaikan UKT Nasional dan Tradisi Merpati Putih tahun ini mengusung tema “Menuju PANCACITA.”  Acara yang berlangsung di Pantai Parangkusumo Yogyakarta ini merupakan momen penting bagi para pesilat untuk menunjukkan kemampuan mereka dan meningkatkan kualitas anggota PPS Betako Merpati Putih.

Dalam sambutannya, Mayjen TNI Mohamad Hasan menyampaikan bahwa tema tahun ini adalah “PANCACITA,” yang mencerminkan lima cita-cita yang akan diwujudkan bersama oleh setiap pesilat Betako Merpati Putih. Pesilat diharapkan menjadi seorang PATRIOT, yang memiliki KARAKTER, sikap PROFESIONAL, dan kemampuan ADAPTIF serta INOVATIF yang dapat menginspirasi orang lain dengan hal-hal baik dan positif. Semua ini bertujuan untuk menciptakan sinergi dengan dinamika kehidupan sekitar dan mewujudkan rasa memiliki dan bangga terhadap perguruan.

“Ujian Kenaikan Tingkat ini bukan sekadar mengukur kemampuan fisik, mental, dan ketrampilan pesilat, tetapi juga sebagai wadah untuk menata kembali disiplin anggota dan pelatih guna mencapai kesamaan misi dan visi perguruan,” jelasnya.

Dengan diselenggarakannya ujian kenaikan tingkat secara Nasional, diharapkan seluruh pesilat dapat mengembalikan dasar-dasar keilmuan PPS Betako Merpati Putih dalam rangka mewujudkan PANCACITA.

Materi ujian kenaikan tingkat tahun 2023 meliputi ujian tulis, ujian tata gerak, ujian perkelahian bebas, dan ujian getaran dengan rintangan tutup mata. Setelah melakukan dedikasi dan latihan rutin yang ikhlas selama ini, Mayjen TNI Mohamad Hasan berharap bahwa seluruh peserta ujian dapat lulus dengan baik dan berhak atas kenaikan tingkatannya.

Namun, Mayjen TNI Mohamad Hasan juga menekankan pentingnya tetap “down to earth” bagi para pesilat yang telah menguasai ilmu bela diri. Mereka diingatkan untuk tetap rendah hati, tidak sombong, dan senantiasa berbuat baik serta tolong-menolong kepada sesama, terutama kepada yang membutuhkan.

Acara UKT Nasional dan Tradisi ini juga menjadi kesempatan bagi Mayjen TNI Mohamad Hasan untuk menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pesilat Merpati Putih yang telah berkontribusi dalam melestarikan warisan budaya Indonesia.

Ia merasa bangga bahwa Merpati Putih terus berkembang dan dikenal tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Mayjen TNI Mohamad Hasan memiliki keyakinan kuat bahwa PPS Betako Merpati Putih akan terus berkembang dan diikuti oleh lebih banyak masyarakat Indonesia dan negara-negara lain di dunia internasional.

Acara UKT Nasional dan Tradisi Merpati Putih tahun 2023 ini diharapkan dapat semakin memperkokoh silaturahmi dan persaudaraan di antara anggota PPS Betako Merpati Putih. Dengan persatuan yang kuat, para pesilat diharapkan senantiasa memberikan pengabdian dan karya terbaik bagi masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

“Semoga UKT Nasional dan Tradisi tahun ini memberikan hasil yang memuaskan dan mampu mendorong kemajuan PPS Betako Merpati Putih untuk masa depan yang lebih gemilang dalam menghadapi dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” pungkasnya. ALS (*)

Top